Tak Berkategori

Wujud Transparansi Anggaran, Pemdes Laksanakan Musdes Realisasi APBDes Semester I 2022

9 August 2022


Sebagai bentuk transparansi anggaran yang dikelola oleh Pemerintah Desa, Pemerintah Desa Bukit Raya menggelar Musyawarah Desa Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Semester I Tahun Anggaran 2022 yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Bukit Raya. Musyawarah ini juga mengundang Badan Permusyawaratan Desa, seluruh Ketua RT, dan Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa lainnya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa dan Ketua BPD. Para peserta rapat pun menyimak dengan baik pemaparan dari Kepala Urusan Keuangan mengenai laporan realisasi APBDes Semester I.

Dimulai dari Pendapatan Desa, persentase realisasi semester I mencapai 38,31% yang terdiri dari Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Transfer, dan Pendapatan Lain-lain.

Sementara itu, di bagian Belanja Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa yang didominasi oleh belanja operasional Pemerintahan Desa dan program pemutakhiran profil desa, realisasi semester I mencapai 27,77% dari pagu anggaran Rp2.199.125.383,- .

Di Belanja Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, persentase realisasi semester I sedikit naik mencapai 32,88% dari pagu anggaran Rp601.593.592,- yang didominasi oleh pembangunan fisik, dan operasional dari bidang Pendidikan, kesehatan, dan penataan ruang.

Lalu, di Belanja Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, persentase realisasi semester I hanya 20,16% dari pagu anggaran yang mencapai Rp213.187.100,- yang meliputi kegiatan perlindungan masyarakat, kebudayaan dan keagamaan, lembaga masyarakat, dan kepemudaan olahraga.

Kemudian, realisasi semester I Belanja Bidang Pemberdayaan Masyarakat menyentuh angka 26,56% dari pagu anggaran Rp279.441.364 , yang meliputi bidang pertanian dan peternakan hingga perdagangan dan perindustrian.

Dan yang terakhir Belanja Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak Desa mencapai 50,28% dari total anggaran Rp434.600.000,- yang didominasi oleh program pemerintah pusat yakni Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa dan pencegahan sekaligus penanggulangan Covid-19.

Masih rendahnya pencapaian realisasi di semester I ini dari rentang waktu Januari s.d Juni, diakibatkan lambatnya penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) yang dananya bersumber dari Kabupaten, sehingga pelaksanaan kegiatan yang menggunakan dana ADD tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Dengan keterbukaan realisasi anggaran desa yang dilakukan dalam musyawarah desa ini, semakin membuktikan bahwa Desa Bukit Raya sangat memperhatikan aspek akuntabilitas dan transparan.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi