Tak Berkategori

Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara, Euforia Kemerdekaan Indonesia

9 August 2022


Suasana berbeda tampak di Lapangan Taruna Desa Bukit Raya pada Minggu pagi, 7 Agustus 2022. Masyarakat Kecamatan Sepaku memadati Lapangan Taruna untuk menghadiri Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkolaborasi dengan KKN Universitas Gajah Mada. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk menyambut sekaligus memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun.

Kegiatan Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara ini dimulai dari pelaksanaan Jalan Sehat dan dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Alue Dohong beserta rombongan. Turut hadir pula Pelaksana Tugas Bupati Penajam Paser Utara, Ir. H. Hamdam dan Pelaksana Tugas Camat Sepaku, Adi Kustaman, S.Sos., M.H.

Kehadiran para tamu undangan ini disambut tarian adat oleh sanggar tari uwat bolum. Masyarakat yang menyaksikan tarian adat ini juga tak ingin kalah untuk mengabadikan momen ini.

Setelah dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan, masyarakat pun bersiap mengikuti jalan santai dengan rute yang telah ditentukan.

Jalan santai dibuka langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang didampingi oleh Pelaksana Tugas Bupati Penajam Paser Utara.

Peserta jalan sehat melewati rute yang telah ditentukan. Tampak personel keamanan juga mengawal pelaksanaan jalan sehat ini. Begitupun panitia yang juga tersebar di berbagai titik sebagai penanda rute jalan sehat.

Antusiasme dari masyarakat terlihat jelas untuk mengikuti jalan sehat ini. Selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, tampaknya doorprize menjadi salah satu pemicu semangat peserta.

Pijakan langkah kaki yang pasti dengan semangat yang membara akhirnya membawa peserta jalan santai sampai di tempat pemotongan kupon. Bentuk kepedulian dari panitia jalan sehat adalah dengan memberikan fasilitas air minum gratis kepada peserta jalan sehat.

Peserta pun kembali melanjutkan perjalanan untuk mencapai titik finish di Lapangan Taruna. Memang, garis start dan garis finish, kedua-duanya berada di Lapangan Taruna. Sepanjang perjalanan, peserta jalan santai disuguhkan dengan suasana pedesaan yang tampak tentram dan indah karena berkibarnya bendera merah putih dan hiasan umbul-umbul yang menjulang tinggi yang seolah turut menyemarakkan euforia kemerdekaan Indonesia.

Seusainya tiba di garis finish, peserta jalan santai pun dapat membeli makanan ringan yang terdapat di stand UMKM. Selain kegiatan jalan santai, Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara ini juga mempersilahkan kepada masyarakat Sepaku yang mempunyai produk UMKM untuk mendirikan stand disini. Termasuk Desa Bukit Raya yang memiliki banyak sekali produk unggulan, seperti jamu tradisional, wedang jahe instant, abon lele, keripik pare, bakpia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentunya, produk-produk ini dibuat oleh ibu-ibu PKK dan Dasawisma Bukit Raya.

Kedatangan Pelaksana Tugas Bupati Penajam Paser Utara seusai mengikuti kegiatan jalan santai juga mendapat perhatian masyarakat sekitar yang ingin berfoto bersama. Sambil memakan jagung rebus, Bupati pun tampak tak canggung dengan masyarakat.

Tak lama, panitia mengundi pemenang doorprize dari jalan santai ini. Hadiah doorprize tentunya bermacam-macam. Mulai dari payung, mixer, oven, tumbler, setrika, termos, kompor gas, bahkan hadiah besar seperti sepeda, kulkas, TV LED, dan mesin cuci.

Peserta jalan santai yang memegang kupon pun langsung menyimak dengan baik setiap digit angka yang diinfokan oleh MC. Bahkan, keantusiasan peserta lomba sangat terlihat sekali saat dibacakannya pemenang doorprize hadiah utama, seperti mesin cuci.

Keseruan dari Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara ini tidak berhenti disini. Acara berlanjut dengan digelarnya berbagai lomba menarik, seperti lomba mewarnai, lomba menyanyi, yang diselenggarakan oleh KKN Universitas Gajah Mada.

Malam hari, acara semakin seru dengan berbagai penampilan menarik yang dipersembahkan oleh panitia.

Dan sebagai penutup seluruh rangkaian acara sejak pagi tadi, persembahan spesial Turonggo Cahyo Budoyo menghadirkan kesenian kuda lumping yang mengundang antusiasme masyarakat sekitar untuk hadir menyaksikan penampilan ini.

Yang terpenting adalah kita bisa memaknai bersama arti kemerdekaan ini sekaligus merayakan euforia kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun.

“Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” yang menjadi slogan HUT RI Ke-77 ini tak lain dari peristiwa yang telah kita alami selama kurang lebih dua tahun. Indonesia harus menghadapi tantangan dan ujian yang bersejarah, yakni hadirnya Pandemi Covid-19.

Adanya kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia di penjuru tanah air. Namun, di tengah keterpurukan ini, semua elemen bangsa bersama-sama bergerak dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi